I. PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN
A. Intrakurikuler
Pengorganisasian pembelajaran di PKBM AL FURQON dilakukan dengan mengatur pembelajaran intrakurikuler pada Mata Pelajaran Kelompok Umum serta Program Keterampilan berbasis Profil Pelajar Pancasila dalam satu tahun pelajaran 2023/2024. Pengorganisasian pembelajaran dilakukan berdasarkan karakteristik dari PKBM AL FURQON. Pendekatan pembelajaran yang dilakukan melalui pendekatan mata pelajaran dan sistem blok.
Sistem blok yang dilaksanakan adalah sistem blok waktu yang digunakan dalam melaksanakan pembelajaran mata pelajaran dalam tiap semester. Beban belajar dari warga belajar dinyatakan dalam Satuan Kredit Kompetensi (SKK). SKK merupakan bobot kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik dalam mengikuti program pembelajaran pendidikan kesetaraan, baik melalui tatap muka, online, praktik keterampilan, dan/atau kegiatan mandiri. Satu SKK dicapai melalui pembelajaran 1 jam tatap muka dan 3 jam mandiri.
Pada tahun pelajaran 2023/2024, PKBM AL FURQON menerapkan dua kurikulum yaitu kurikulum merdeka untuk kelas IV, VII, dan X dan kurikulum 2013 untuk kelas V, VI, VIII, IX, XI, dan XII.
1. Pengorganisasian Pembelajaran Paket A
Berikut ini pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket A di PKBM AL FURQON.
| No. | Mata Pelajaran | Pendekatan Pembelajaran | Fase B | ||
| SKK | |||||
| Mata Pelajaran | Integratif | Blok Waktu | Kelas IV | ||
| Kelompok Mata Pelajaran Umum | |||||
| 1 | PAIBP | ✓ | 4 | ||
| 2 | Pendidikan Pancasila | ✓ | 4 | ||
| 3 | Bahasa Indonesia | ✓ | 6 | ||
| 4 | Matematika | ✓ | 5 | ||
| 5 | IPAS | ✓ | 5 | ||
| 6 | PJOK | ✓ | 3 | ||
| 7 | Seni Budaya | ✓ | 3 | ||
| 8 | Bahasa Jawa | ✓ | 1 | ||
| Jumlah SKK | 31 | ||||
| Pemberdayaan dan Keterampilan Berbasis Profil Pelajar Pancasila | |||||
| 1 | Pemberdayaan | ✓ | 3 | ||
| 2 | Keterampilan Komputer | ✓ | 3 | ||
| Jumlah SKK | 6 | ||||
| No. | Mata Pelajaran | Bobot Satuan Kredit Kompetensi (SKK) | |
| Kelas V | |||
| Smt 1 | Smt 2 | ||
| Kelompok Umum | 14 | 14 | |
| 1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 2 | 2 | 
| 2 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 
| 3 | Bahasa Indonesia | 3 | 3 | 
| 4 | Matematika | 3 | 3 | 
| 5 | Ilmu Pengetahuan Alam | 2 | 2 | 
| 6 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 2 | 2 | 
| Kelompok Khusus | 6 | 6 | |
| 7 | Pemberdayaan | 3 | 3 | 
| 8 | Keterampilan | 3 | 3 | 
| Jumlah Beban Belajar SKK ditempuh | 20 | 20 | |
2. Pengorganisasian Pembelajaran Paket B
Berikut ini pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B di PKBM AL FURQON.
| No. | Mata Pelajaran | Pendekatan Pembelajaran | Fase D | ||
| SKK | |||||
| Mata Pelajaran | Integrasi | Blok | Kelas VII | ||
| Kelompok Mata Pelajaran Umum | |||||
| 1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | ✓ | 2 | ||
| 2 | Pendidikan Pancasila | ✓ | 2 | ||
| 3 | Bahasa Indonesia | ✓ | 5 | ||
| 4 | Matematika | ✓ | 5 | ||
| 5 | IPA | ✓ | 4 | ||
| 6 | IPS | ✓ | 4 | ||
| 7 | Bahasa Inggris | ✓ | 4 | ||
| 8 | PJOK | ✓ | 2 | ||
| 9 | Seni Budaya | ✓ | 2 | ||
| 10 | Bahasa Jawa | ✓ | 1 | ||
| Jumlah SKK | 31 | ||||
| Pemberdayaan dan Keterampilan Berbasis Profil Pelajar Pancasila | |||||
| 1 | Pemberdayaan | ✓ | 4 | ||
| 2 | Keterampilan | ||||
| Komputer | ✓ | 3 | |||
| Desain Grafis | ✓ | 3 | |||
| Jumlah SKK | 10 | ||||
| No. | Mata Pelajaran | Bobot Satuan Kredit Kompetensi (SKK) | |||
| Kelas VIII | Kelas IX | ||||
| Smt 1 | Smt 2 | Smt 1 | Smt 2 | ||
| Kelompok Umum | 15 | 13 | 16 | 11 | |
| 1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 2 | 1 | 1 | 1 | 
| 2 | Pendidikan Pancasila | 2 | 1 | 2 | 1 | 
| 3 | Bahasa Indonesia | 3 | 3 | 3 | 2 | 
| 4 | Bahasa Inggris | 2 | 2 | 2 | 2 | 
| 5 | Matematika | 2 | 3 | 3 | 2 | 
| 6 | IPA | 2 | 3 | 3 | 2 | 
| 7 | IPS | 2 | 2 | 2 | 1 | 
| Kelompok Khusus | 6 | 6 | 6 | 6 | |
| 1 | Pemberdayaan | 2 | 2 | 2 | 2 | 
| 2 | Keterampilan | ||||
| Komputer | 2 | 2 | 2 | 2 | |
| Desain Grafis | 2 | 2 | 2 | 2 | |
| Jumlah SKK | 21 | 19 | 22 | 19 | |
3. Pengorganisasian Pembelajaran Paket C
Berikut ini pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM AL FURQON.
| No. | Mata Pelajaran | Pendekatan Pembelajaran | Fase E | ||
| SKK | |||||
| Mata Pelajaran | Integrasi | Blok | Kelas X | ||
| Kelompok Mata Pelajaran Umum | |||||
| 1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | ✓ | 2 | ||
| 2 | Pendidikan Pancasila | ✓ | 2 | ||
| 3 | Bahasa Indonesia | ✓ | 2 | ||
| 4 | Matematika | ✓ | 2 | ||
| 5 | Bahasa Inggris | ✓ | 2 | ||
| 6 | IPA | ✓ | 3 | ||
| 7 | IPS | ✓ | 3 | ||
| 9 | PJOK | ✓ | 2 | ||
| 10 | Seni Budaya | ✓ | 2 | ||
| 11 | Bahasa Jawa | ✓ | 1 | ||
| Jumlah SKK | 21 | ||||
| Pemberdayaan dan Keterampilan Berbasis Profil Pelajar Pancasila | |||||
| 1 | Pemberdayaan | ✓ | 8 | ||
| 2 | Keterampilan | ||||
| Komputer | ✓ | 4 | |||
| Menjahit | ✓ | 3 | |||
| Elektronika : Perakitan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) | ✓ | 1 | |||
| Jumlah SKK | 16 | ||||
| No. | Mata Pelajaran | Bobot Satuan Kredit Kompetensi (SKK) | |||
| Kelas XI | Kelas XII | ||||
| Smt 1 | Smt 2 | Smt 1 | Smt 2 | ||
| Kelompok Umum | 8 | 6 | 8 | 6 | |
| 1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 1 | 1 | 1 | 1 | 
| 2 | Pendidikan Pancasila | 1 | 1 | 1 | 1 | 
| 3 | Bahasa Indonesia | 2 | 1 | 2 | 1 | 
| 4 | Bahasa Inggris | 1 | 1 | 1 | 1 | 
| 5 | Matematika | 2 | 1 | 2 | 1 | 
| 6 | Sejarah Indonesia | 1 | 1 | 1 | 1 | 
| Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial | 8 | 8 | 8 | 7 | |
| 7 | Geografi | 2 | 2 | 2 | 2 | 
| 8 | Sejarah | 2 | 2 | 2 | 1 | 
| 9 | Sosiologi | 2 | 2 | 2 | 2 | 
| 10 | Ekonomi | 2 | 2 | 2 | 2 | 
| Kelompok Khusus | 6 | 6 | 7 | 6 | |
| 1 | Pemberdayaan | 2 | 2 | 2 | 2 | 
| 2 | Keterampilan Wajib | 2 | 2 | 3 | 2 | 
| Komputer | |||||
| 3 | Keterampilan Pilihan | 2 | 2 | 2 | 2 | 
| Menjahit | |||||
| Perakitan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) | |||||
| Jumlah SKK | 22 | 20 | 21 | 19 | |
Proses pembelajaran pendidikan kesetaraan PKBM AL FURQON dilaksanakan dalam bentuk tatap muka, daring, dan mandiri untuk semua mata pelajaran. Waktu belajar pendidikan kesetaraan di PKBM AL FURQON adalah sebagai berikut:
| No. | Model Pembelajaran | Hari | Waktu | 
| 1 | Tatap Muka | Senin, Kamis, dan Minggu | 08.00-12.45 | 
| 2 | Daring (Online) | Selasa | 08.00-23.59 | 
| 3 | Kunjungan Belajar | Rabu | 08.00-12.45 | 
| 4 | Keterampilan | Sabtu | 08.00-12.45 | 
B. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Proyek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan melalui pengorganisasian pembelajaran pada Program Pemberdayaan dan Program keterampilan Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Program pemberdayaan memuat kompetensi untuk menumbuhkan keberdayaan, harga diri, percaya diri, sehingga peserta didik mampu mandiri dan berkreasi dalam kehidupan bermasyarakat.
Program keterampilan diberikan agar peserta didik mampu melakukan aktualisasi kemandirian, otonomi, kebebasan, dan kreativitas dalam berkarya untuk mengisi ruang publik secara produktif. Proyek penguatan profil pelajar Pancasila
melalui program pemberdayaan dan program keterampilan dilakukan berbasis profil pelajar pancasila selaras dengan Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental.
Proyek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dengan enam dimensi yaitu (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, (2) berkebinekaan global, (3) bergotong royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, dan (6) kreatif.
| Kelas | Tema Projek | Topik Projek Profil Pelajar Pancasila | Strategi Pelaksanaan | Waktu | 
| Fase B | Gaya hidup berkelanjutan | Teknologi informasi sebagai gaya hidup masa kini | Integrasi program pemberdayaan dan keterampilan | Kelas IV sem 1 | 
| Kearifan lokal | Membuat cerita local wisdom | Integrasi program pemberdayaan dan keterampilan | Kelas IV sem 1 | |
| Fase D | Gaya hidup berkelanjutan | Membuat desain poster dan leaflet promosi produk | Integrasi program pemberdayaan dan keterampilan | Kelas VII sem 1 | 
| Kearifan lokal | Batik sebagai warisan budaya | Integrasi program pemberdayaan dan keterampilan | Kelas VII sem 2 | |
| Fase E | Gaya hidup berkelanjutan | Hidup dengan energi ramah lingkungan berbasis tenaga surya | Integrasi program pemberdayaan dan keterampilan | Kelas X sem 1 | 
| kewirausahaan | Pemasaran produk fashion masa kini | Integrasi program pemberdayaan dan keterampilan | Kelas X sem 2 | 
C. Ekstrakurikuler
Pada tahun pelajaran 2023/2024 PKBM AL FURQON melakukan identifikasi warga belajar dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler, dari hasil itu ditentukan untuk kegiatan ekstrakurikuler di PKBM AL FURQON adalah Sepak Bola dan Pramuka. Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setiap hari sabtu dan diikuti oleh semua warga belajar .
II. EVALUASI, PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN PROFESIONAL
Evaluasi, Pendampingan, dan Pengembangan Profesional pada pendidikan kesetaraan PKBM AL FURQON dilakukan secara internal untuk memastikan pembelajaran berjalan sesuai rencana untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Evaluasi terhadap kurikulum dikelola secara bersama-sama antara ketua PKBM, tutor dan tenaga administrasi. Pendampingan dan Pengembangan profesional dilakukan secara bertahap dan mandiri agar terjadi peningkatan kualitas sumber daya manusia secara berkelanjutan di satuan pendidikan, sesuai dengan kemampuan pendidikan.
Aktivitas pendampingan dan pengembangan profesional ditekankan pada prinsip reflektif dan pengembangan diri bagi tutor, serta menggunakan alat penilaian yang jelas dan terukur.
A. Evaluasi
Tabel 12. Tabel kegiatan Evaluasi Kurikulum PKBM
| No | Kegiatan | Waktu | Penanggungjawab | 
| Jangka Pendek | |||
| 1 | Evaluasi kurikulum Operasional | Juni 2024 | Ketua PKBM | 
| 2 | Evaluasi Proses Pembelajaran | Desember 2023 dan Juni 2024 | Ketua Bidang Pendidikan | 
| 3 | Evaluasi Profesionalisme Tutor | Desember 2023 dan Juni 2024 | Ketua PKBM | 
| 4 | Evaluasi Peserta didik | – September dan Desember 2023 – Maret dan Juni 2024  | Ketua Bidang Pendidikan | 
| Jangka Panjang | |||
| 1 | Peninjauan ulang Visi dan Misi PKBM | Juli 2028 | Ketua PKBM | 
B. Pendampingan dan Pengembangan Profesional
| Pendampingan dan Pengembangan Profesional | |||||
| No | Uraian Kegiatan | Bentuk Pendampingan/Pengembangan | Pihak yang Terlibat | Waktu Pelaksanaan | |
| Pendampingan | Sasaran | ||||
| 1 | Pengembangan TP dan ATP | Workshop | Ketua Bidang Pendidikan | Tutor | Juli 2023 | 
| 2 | Pengembangan Modul Ajar/RPP | Workshop | Ketua Bidang Pendidikan | Tutor | Juli 2023 | 
| 3 | Pengembangan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila | Workshop | Ketua Bidang Pendidikan | Tutor | Agustus 2023 | 
| 4 | Pemahaman tentang prinsip-prinsip implementasi projek | Workshop | Ketua Bidang Pendidikan | Tutor | Agustus 2023 | 
| 5 | Asesmen Pembelajaran | Workshop | Ketua Bidang Pendidikan | Tutor | Agustus 2023 | 
| 6 | Pengembangan Media dan Sumber Belajar | Workshop | Ketua Bidang Pendidikan/ Tutor | Tutor | September 2023 | 
| 7 | Penguatan Strategi Pembelajaran | Workshop | Ketua Bidang Pendidikan | Tutor | September 2023 | 
| 8 | Penyusunan Soal Tipe AKM | Workshop | Ketua Bidang Pendidikan | Tutor | Oktober 2023 | 
| 9 | Pelatihan Keterampilan lainnya | Workshop | Ketua Bidang Pendidikan | Tutor | Desember 2023 |